Menyimpan Hasil Animasi pada Flash dalam Bentuk Video

Ketahuilah bagaimana Cara Menyimpan Hasil Animasi pada Flash dalam Bentuk Video agar kalian dapat melihat hasil animasi / media interaktif flash yang sudah dibuat pada media player video tertentu. Tetapi sebelum itu, tentunya kalian harus mengekspornya terlebih dahulu dari Flash Document (fla.) ke format file video seperti avi, mov, swf, dan lain-lain. Adobe Flash memiliki keunggulan dalam pengeksporan hasil ke format video, video yang dihasilkan akan terlihat lebih tajam dan sesuai dengan kualitas footage saat proses editing. Juga hadir dengan pengaturan ekspor yang mudah.

 

 

BACA JUGA:  Cara Membuat Animasi Roda Berputar pada Flash

Cara Menyimpan Hasil Animasi pada Flash dalam Bentuk Video

Pada Adobe Flash Professional, tersedia fitur ekspor video untuk menyimpan hasil animasi yang nantinya dapat digunakan ulang pada aplikasi edit video seperti Adobe Premiere – dengan ini, per adegan atau scene bisa dipilah dan disusun sesuai storyboard. Maka akan mempermudah proses paska produksi. Bagaimana caranya? Lihat tutorial di bawah ini!

 

Langkah awal: Mempersiapkan animasi atau media interaktif

1. Buka Adobe Flash Professional (versi apa saja). Buatlah suatu adegan animasi atau media interaktif dalam satu scene terlebih dahulu. Jika sudah memiliki flash document yang siap diekspor, pilih saja dokumen nya di opsi Open a Recent Item, tekan Open.

BACA JUGA:  Animasi Masking Adobe Flash? Cara Membuatnya Seperti Ini!

cara-menyimpan-hasil-animasi-flash-video

 

Langkah kedua: Export

2. Ekspor adalah proses akhir dari produksi Flash. Maka kalian harus mempersiapkan file yang ingin diekspor terlebih dahulu. Jika sudah, pilih File >> Export >> Export Movie.. (Ctrl+Shift+Alt+S).

cara-menyimpan-hasil-animasi-flash-video

 

Langkah ketiga: Simpan

3. Pilih directory folder untuk menentukan dimana file akan disimpan. Ketik nama file nya. Lalu pilih Save.

BACA JUGA:  Animasi Mata Berkedip dengan Flash? Begini Cara Membuatnya!

cara-menyimpan-hasil-animasi-flash-video

4. Didalam jendela Export Windows AVI. Tentukan lebar (width), tinggi (height) dengan pixel yang perspektif. Samakan pengaturannya hingga sesuai dengan gambar dibawah. Tekan OK. Tunggu proses sampai selesai.

cara-menyimpan-hasil-animasi-flash-video

 

Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Adobe Flash. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya tentang tutorial-tutorial software dan web lainnya. Demikianlah tips dan trik tentang bagaimana Cara Menyimpan Hasil Animasi pada Flash dalam Bentuk Video

1 Suka untuk artikel ini
Beritahu teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *