Memperbesar Ukuran Gambar Agar Tidak Pecah di Flash

Trace bitmap berfungsi untuk Memperbesar Ukuran Gambar Agar Tidak Pecah di Flash yang menghasilkan gambar vector dengan resolusi tinggi – Fitur trace bitmap, mengubah jpg, jpeg, png, bmp dan sebagainya menjadi gambar yang dapat diperbesar ukurannya. Seringkali kalian membutuhkan gambar yang memiliki resolusi tinggi untuk pengeditan atau kebutuhan tertentu, tetapi justru kalian tidak tahu caranya sehingga bertanya-tanya tentang bagaimana Memperbesar Ukuran Gambar dengan Trace Bitmap di Flash agar proses pengeditan menjadi lebih cepat.

 

 

Trace Bitmap Bisa Memperbesar Ukuran Gambar?

Tentu bisa! Karena Adobe Flash memiliki kemampuan yang hampir menyaingi CorelDraw dalam hal tracing, bahkan gambar yang telah melalui proses trace bitmap pada Adobe Flash dapat langsung dijadikan bahan untuk animasi dan grafik yang statis tanpa harus melakukan ekspor dan impor file. Namun tetap saja, ada resolusi minimal agar gambar tetap mudah untuk melewati proses tracing, siapkan gambar dengan ukuran diatas 500px.

BACA JUGA:  Menyimpan Hasil Animasi pada Flash dalam Bentuk Video

 

Bagaimana Cara Memperbesar Ukuran Gambar dengan Trace Bitmap di Flash?

1. Buka software Adobe Flash Professional versi apa saja, karena disini kita tidak sedang menjalani proses pembuatan animasi, jadi cukup pilih Action Script 2.0untuk memulai.

memperbesar-ukuran-gambar-trace-bitmap-flash

 

2. Pilih File pada menu bar, lalu Import >> Import to Stage(Ctrl+R), pilih gambar yang akan diperbesar ukurannya.

BACA JUGA:  Membuat Animasi Alpha atau Efek Fade In dan Out di Flash

memperbesar-ukuran-gambar-trace-bitmap-flash

 

3. Jika sudah terpilih, tekan Open. Usahakan pilih gambar yang tidak terlalu banyak komponen warna agar proses tidak terhambat. Dan jangan memilih gambar yang berukuran kecil atau kurang dari 800 pixels karena akan mengakibatkan hasil yang kurang sempurna.

memperbesar-ukuran-gambar-trace-bitmap-flash

 

4. Setelah proses import selesai, resize atau atur ukuran gambar agar tidak melebar keluar ukuran flash document(background putih / bisa juga hitam). Jika sudah, klik Modify pada menu tab, lalu pilih Bitmap >> Trace Bitmap..

memperbesar-ukuran-gambar-trace-bitmap-flash

 

5. Atur kembali trace bitmap sesuai keinginan kalian. Saran saya, Color threshold = 10, Minimum area = 8 pixels, Corner Threshold = Normal, Curve Fit = Very Tight. Klik OK atau bisa kalian klik preview untuk melihat hasil sementara.

memperbesar-ukuran-gambar-trace-bitmap-flash

 

6. Proses tracing selesai, langsung saja pilih File >> Export >> Export Image.

memperbesar-ukuran-gambar-trace-bitmap-flash

 

BACA JUGA:  Animasi Masking Adobe Flash? Cara Membuatnya Seperti Ini!

7. Nah, disinilah kalian dapat menentukan ukuran gambar sesuka kalian. Tentukan lebar dan panjang gambar termasuk resolusi nya, berapapun besarnya. Jika sudah, tekan OK. Dan lihat hasilnya.

memperbesar-ukuran-gambar-trace-bitmap-flash

 

Video Tutorial Memperbesar Ukuran Gambar dengan Trace Bitmap di Flash

Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!


Sekian dan terima kasih
, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Adobe Flash. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya tentang tutorial-tutorial software dan web lainnya. Demikianlah tips dan trik tentang bagaimana Memperbesar Ukuran Gambar dengan Trace Bitmap di Flashsilahkan simak video tutorial dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.

  Suka artikel ini?
Beritahu teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *