Membuat Animasi Alpha atau Efek Fade In dan Out di Flash

Agar projek Flash menjadi lebih menarik, Membuat Efek Animasi Alpha atau Fade In dan Out di Flash biasanya diterapkan pada grafik atau button tertentu – Alpha bisa muncul jika bitmap atau gambar dikonversi ke simbol (convert to symbol) terlebih dahulu. Didalam artikel ini akan dijelaskan langkah dan cara cepat untuk membuat efek alpha, agar tampilan lebih menarik, perhatikan jenis shape atau gambar yang digunakan – Jangan lupa juga warnanya.

 

 

BACA JUGA:  Cara Membuat Animasi Roda Berputar pada Flash

Memangnya Bisa Membuat Efek Fade In Fade Out di Flash?

Pada Adobe Flash Professional, itu bisa saja dilakukan. Efek animasi alpha atau efek memudar pada Adobe Flash diumpamakan menjadi 2 bagian, fade in dan fade out, biasanya efek alpha ini diterapkan pada saat proses editing video di video editor – namun namanya bukanlah alpha, melainkan Transisi Fade In dan Out. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, bisa dibaca pada cara-cara yang tertera di bawah.

 

Langkah awal: Mempersiapkan objek shape atau gambar

1. Buka aplikasi Adobe Flash Professional versi apa saja. Pilih ActionScript 2.0 saja. Setelah terbuka workspace project (tampilan dokumen Flash yang masih blank), Gambarlah suatu objek dengan brush tool atau tool apa saja yang bisa menggambar objek (bisa juga mengimport gambar).

BACA JUGA:  Animasi Mata Berkedip dengan Flash? Begini Cara Membuatnya!

 

Langkah kedua: Convert to Symbol

2. Tekan Ctrl+A untuk menyeleksi seluruh objek atau pilih saja keyframe nya di frame 1. Lalu tekan F8 pada keyboard untuk melakukan convert to symbol. Di dalam pilihan type simbol, pilihlah Graphic. Tekan OK jika sudah.

 

Langkah ketiga: Penambahan Efek dan Keyframe

3. Pada keyframe pertama (frame 1), Pilih objek lalu di kolom properties sebelah kanan, atur Color Effect. Ubah pilihan style nya menjadi Alpha. Atur menjadi 0% hingga objek menjadi tidak terlihat.

4. Buatlah keyframe pada frame 20 dan 40. Jika frame 20 terlihat sama dengan frame 1 yang objeknya tidak terlihat, ubah Alpha pada keyframe 20 menjadi 100% hingga objek terlihat. Begitu juga dengan keyframe 40.

BACA JUGA:  Menyimpan Hasil Animasi pada Flash dalam Bentuk Video

Langkah keempat: Membuat Animasi dengan Classic Tween

5. Setelah itu buat juga keyframe baru di frame 60. Isi Alpha menjadi 0%. Lalu pada frame diantara keyframe yang sudah ada, tekan mouse kanan dan pilih Create Classic Tween.

 

6. Lihat hasilnya dengan menekan Ctrl+Enter. Efek animasi Alpha atau Fade in dan Fade out sudah selesai dibuat di Adobe Flash.

 

 

Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Adobe Flash. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya tentang tutorial-tutorial software dan web lainnya. Demikianlah tips dan trik tentang bagaimana Membuat Efek Animasi Alpha atau Fade In dan Out di Flash

1 Suka untuk artikel ini
Beritahu teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *