Belajar Menggunakan Bone Tool Adobe Flash

Dalam proses pembuatan animasi, Bone Tool sangatlah penting, maka Cara Menggunakan Bone Tool Adobe Flash Untuk Animasi ini wajib diketahui, dengan itu kita dapat menggerakkan suatu gambar atau karakter sesuai keinginan. Bone tool tersedia di Adobe Flash, yang berguna untuk menambahkan tulang dan sendi (rigging) kepada karakter agar dapat bergerak layaknya manusia.

 

 

Cara Menggunakan Bone Tool Adobe Flash

Sebagai contoh, dalam tutorial ini memakai karakter pivot agar mudah untuk digerakkan dan menambahkan Bone Tool. Dibawah ini terdapat penjelasan cara tepat menggunakan Bone Tool pada animasi pivot langkah demi langkah dengan gambar yang sudah tersedia.

BACA JUGA:  Membuat Animasi Alpha atau Efek Fade In dan Out di Flash

 

Langkah awal: Ingat! ActionScript 3.0

1. Ketika sudah membuka Adobe Flash. Buat project baru dengan ActionScript 3.0 untuk memulai membuat animasi bone tool. Selain ActionScript 3.0Adobe Flash tidak akan mendeteksi pergerakkan bone tool, atau justru bone tool tidak disediakan dalam ActionScript 2.0.

 

2. Buatlah sebuah karakter pivot dengan brush tool agar mudah untuk digerakkan. Karakter lain pun dapat diaplikasikan dengan Bone Tool, dengan syarat anggota tubuh harus fleksibel sehingga dapat dengan mudah dibuatkan tulang dengan Bone Tool. Karakter harus berupa objek shape pada Adobe Flash.

 

Langkah kedua: Mulai menggunakan Bone Tool

3. Setelah itu, pilih Bone Tool pada toolbar Adobe Flash. Tekan dan drag Bone Tool dari dada sampai pinggang untuk membentuk tulang badan atau tulang belakang. Maka layer 1 akan dipindahkan kedalam layer Armature (yang sudah diberi tulang).

BACA JUGA:  Menyimpan Hasil Animasi pada Flash dalam Bentuk Video

4. Buatlah rangkaian tulang sesuai dengan tulang manusia agar pivot dapat bergerak layaknya manusia. Sambungkan pinggang ke lutut, lutut ke kaki, dada ke siku, siku ke tangan, dada ke leher, dan leher ke kepala.

 

Langkah ketiga: Menambah frame dan keyframe

5. Pada frame 10 (atau berapapun) klik kanan lalu pilih Insert Frame untuk menambahkan frame Armature tersebut agar karakter dapat digerakkan.

6. Pada frame 10 (atau berapapun), ubah posisi pivot dengan menggunakan Selection Tool dan klik tepat pada tulang yang akan digerakkan.

BACA JUGA:  Cara Menggerakan Objek di Flash dengan Classic Tween

 

7. Lakukan Insert Frame lagi pada frame selanjutnya. Ubah posisi pivot sesuai dengan keinginan. Dan terakhir, geser menuju frame 1, lalu Enter untuk melihat hasilnya. Atau tekan Ctrl + Enter pada keyboard.

 

 

Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

 

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Adobe Flash. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya tentang tutorial-tutorial software dan web lainnya. Demikianlah tips dan trik tentang bagaimana Cara Menggunakan Bone Tool di Adobe Flash Untuk Animasi, silahkan simak video tutorial dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.

2 Disukai
Beritahu teman-teman!

2 tanggapan untuk “Belajar Menggunakan Bone Tool Adobe Flash

  • 20 Agustus 2019 pada 09:39
    Permalink

    Ditunggu artikel selanjutnya, saya pake AS 2.0 pantes ga bisa-bisa kak.

    Balas
    • 20 Agustus 2019 pada 09:40
      Permalink

      Iya kak memang harus menggunakan AS 3.0 untuk menggunakan Bone Tool.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *