Cara Menggerakan Objek di Flash dengan Classic Tween

Trik dasar Adobe Flash tentang bagaimana Cara Menggerakan Objek di Flash dengan Classic Tween (Motion Tween, lebih tepatnya: Classic Tween) dan boleh dibilang, Motion Tween atau Classic Tween adalah gerak animasi dasar yang tersedia pada aplikasi Flash. Tutorial ini akan menjadi tutorial kedua seputar Adobe Flash, bermaksud agar dapat mengenal Adobe Flash dari dasarnya terlebih dahulu. Meskipun dasar, namun tween disini menjadi fitur penting untuk menggerakan suatu objek didalamnya.

 

 

Motion Tween atau Classic Tween? Apa Bedanya?

Motion tween merupakan perubahan atau gerakan pada objek dari titik awal sampai titik akhir, Motion Tween adalah sebutan untuk Classic Tween di Adobe Flash CS3, diatas versi itu Motion Tween diubah nama menjadi Classic Tween. Pada dasarnya, keduanya dapat membuat animasi dengan mudah dan praktis. Dan itulah dasar animasi didalam Adobe Flash. Menggunakan Motion Tween atau Classic Tween adalah dasar dari suatu animasi Flash, juga dapat memperlancar dalam pembuatan projek dokumen memang jika tahu bagaimana dasarnya. Ikuti langkah-langkah berikut.

BACA JUGA:  Belajar Menggunakan Bone Tool Adobe Flash

 

Bagaimana Cara Menggerakan Objek di Flash dengan Classic Tween?

Langkah awal: Mempersiapkan objek bentuk atau mengimpor file

1. Buka Adobe Flash Professional versi apa saja (disini menggunakan Adobe Flash CS5). Pilih ActionScript 2.0 untuk jenis document script nya.

 

2. Buatlah sebuah gambar. Contoh: gambar mobil, dengan menggunakan rectangle tool, oval tool, pen tool, atau bisa juga mengambil gambar dari file yang sudah ada dengan cara mengimpor file nya, tekan Ctrl+R atau klik File >> Import >> Import to stage.

 

BACA JUGA:  Memperbesar Ukuran Gambar Agar Tidak Pecah di Flash

Langkah kedua: Convert objek ke Movie Clip

3. Jika sudah, klik objek mobil tersebut. Lalu tekan F8 untuk melakukan convert to symbol. Pilih Movie Clip sebagai simbolnya. Tekan OK.

 

Langkah ketiga: Menambahkan keyframe awal dan akhir

4. Di kolom timeline (Layer 1), klik kanan pada frame 50 (atau bebas) lalu pilih Insert Keyframe untuk memasukkan keyframe atau kunci satu gerakan pada Adobe Flash. Ketika memiliki keyframe di frame 1 dan menambahkan keyframe di frame 50, itu berarti keyframe 1 adalah gerakan awal dan keyframe 50 adalah gerakan akhir.

BACA JUGA:  Animasi Mata Berkedip dengan Flash? Begini Cara Membuatnya!

 

Langkah keempat: Menggeser dan membuat Motion Tween atau Classic Tween

5. Setelah itu, pindahkan / geser objek mobil ke ujung kanan dengan menggunakan Selection Tool.

 

6. Perhatikan kolom timeline lagi, klik kanan pada frame 25 (artinya harus melakukan klik kanan diantara dua keyframe, setelah frame 1 dan sebelum frame 50 tadi) lalu pilih Create Classic Tween.

 

7. Tekan Enter pada frame 1, lalu lihat hasilnya. Bisa juga dengan menekan Ctrl+Enter.

 

 

Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Adobe Flash. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya tentang tutorial-tutorial software dan web lainnya. Demikianlah tips dan trik tentang bagaimana Cara Membuat Motion Tween atau Classic Tween di Flash

  Suka artikel ini?
Beritahu teman-teman!

Satu tanggapan untuk “Cara Menggerakan Objek di Flash dengan Classic Tween

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *