Cara Sederhana Menambahkan Sound pada Button Flash

Dalam pembahasan bagaimana Cara Menambahkan Sound pada Button Flash  atau Cara Menambahkan Suara di Flash yang terpenting adalah frame sound pada button Flash yang kita buat, disana terdapat 4 frame penting yang masing-masing memiliki kegunaan tertentu, kita akan bahas semuanya di artikel ini. Secara pasti, sound pada button Flash sangatlah penting untuk diperhatikan karena sound atau suara dapat memberikan efek interaktif terhadap button atau tombol yang ditekan. Dari mulai dasar-dasar hingga cara menambahkannya sudah dijelaskan dibawah.

 

Cara Menambahkan Sound pada Button Flash

Lebih baik lagi, Adobe Flash menyediakan fitur dan opsi yang lengkap terhadap penggunaan button atau tombol. Selebihnya dalam pengaturan ukuran, bentuk, warna, teks, sampai suara pun dapan kita ubah setiap frame nya. Adobe Flash pun memberikan 4 frame khusus pada setiap button, 4 frame tersebut antara lain bernama Up, Over, Down, dan Hit (semuanya dapat kita atur dengan menekan klik sebanyak 2x atau double click pada button yang dipilih.)

 

 

BACA JUGA:  Cara Membuat Animasi Roda Berputar pada Flash

Langsung saja kita membahas secara lebih dalam lagi.

Cara Menambahkan Sound pada Button Flash

1. Tentu saja, buka Adobe Flash lalu pada opsi Create New, pilih salah satu dokumen flash yang akan dibuat. Bisa pilih ActionScript 3.0 ataupun ActionScript 2.0 — yang membedakan hanyalah jenis penulisan script nya saja. Karena dalam tutorial sound pada button kali ini, hal tersebut tidak terlalu penting.

2. Setelah terbukanya dokumen flash baru, ubah nama Layer 1 menjadi Button atau apapun yang sekiranya dapat mewakili tombol yang akan dibuat. Jika ingin menambahkan background (latar belakang), ubah nama Layer 1 menjadi Background, lalu buat layer baru bernama Button.

3. Tentukan bentuk tombol yang diinginkan.

 

Jenis-jenis tool yang dapat digunakan untuk membuat tombol

Cara Menambahkan Sound pada Button Flash

 

  • Rectangle Tool (R) untuk menambahkan tombol berbentuk persegi
  • Oval Tool (O) untuk menambahkan tombol berbentuk oval
  • Polystar Tool untuk menambahkan tombol berbentuk polystar

(Tool diatas sangat direkomendasikan daripada menggunakan tool lain.)

Atau bisa juga mengimpor gambar tombol yang sudah dibuat diAdobe Photoshop, dsb untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus. Tergantung keinginan.

4. Jika sudah, atur posisi dan ukurannya terlebih dahulu. Maka dengan leluasa kita bisa mengubahnya menjadi simbol atau lebih tepatnya, tombol. Dengan menuju menu bar Modify >> Convert to Symbol.. (F8)

Cara Menambahkan Sound pada Button Flash

Beri nama Symbol nya, ubah Type menjadi Button, lalu tekan Enter atau klik OK.

 

BACA JUGA:  Animasi Mata Berkedip dengan Flash? Begini Cara Membuatnya!

Cara Menambahkan Suara di Flash

5. Button sudah selesai dibuat, tetapi suara pada button belum dimasukkan. Untuk itu, kita dapat menekan klik kiri 2x atau double click pada button tersebut. Disana kita akan melihat 4 frame bernama Up, Over, Down, dan Hit.

Klik kiri pada frame Up, lalu tekan F6 selama 3x untuk membuat keyframe pada frame lainnya.

Frame Sound pada button Flash

  • Up, belum ada interaksi apapun
  • Over, ketika mouse menyorot kearah button (sebelum di klik)
  • Down, ketika mouse menekan klik kiri
  • Hit, area sorot yang dapat dijangkau mouse atau pointer terhadap button (tidak diharuskan mengisi sound disini.)

<6. Biasanya tombol diisi suara hanya pada frame Over dan Down saja. Untuk mulai menambahkan suara yang diinginkan, kita dapat mengimpor suara terlebih dahulu.

7. Setelah itu, coba klik kiri pada frame Over ataupun Down. Lalu perhatikan bar Properties, disana terdapat opsi yang bernama Sound. Jika file audio sudah kita impor, maka ketika kita memilih suara dengan menentukan Name, disana akan terlihat daftar suara yang sudah kita impor sebelumnya (tepatnya berada di bar Library). Secara praktis kita bisa pilih audio mana yang akan ditentukan menjadi suara button yang sudah dibuat.

Cara Menambahkan Sound pada Button Flash


8. Tes dokumen flash dengan menekan Ctrl + Enter dan lihat apakah button sudah terdapat suara ketika berinteraksi dengan mouse atau pointer. Dan pastinya langkah diatas akan berhasil.

 

BACA JUGA:  Belajar Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Adobe Flash

Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan dalam pembahasan tentangBagaimana Cara Menambahkan Sound pada Button di Adobe Flash, selebihnya bilamana ada penyampaian yang kurang jelas ataupun sulit dimengerti, bisa kalian curahkan di kolom komentar dan jangan segan-segan untuk bertanya. Baiklah kalau begitu, tunggu tutorial lainnya mengenai Adobe Flash ataupun pembahasan belajar multimedia untuk pemula. Salam sejahtera.

  Suka artikel ini?
Beritahu teman-teman!