Cara Membuat Animasi Roda Berputar pada Flash

Dengan tutorial Cara Membuat Animasi Roda Berputar pada Flash ini kalian dapat membuat animasi dengan objek seseorang sedang bermain sepeda, Adobe Flash menyediakan beberapa tool untuk membuat batang sepeda dan roda sepeda agar dapat digerakkan. Cocok untuk pemula yang sedang mempelajari lebih dalam tentang Motion Tween atau Classic Tween. Dibawah ini kami sediakan tutorial Cara Membuat Animasi Sepeda dengan Roda Berputar.

Cara Membuat Animasi Roda Berputar pada Flash


1. Buka Adobe Flash, klik pada Oval Tool (O) untuk membuat roda nya terlebih dahulu.

Cara Membuat Animasi Roda Berputar pada Flash

2. Buatlah sebuah roda berbentuk bulat. Agar Oval Tool dapat menggambar dengan bulat, tekan Shift lalu klik kiri dan drag ke arah bawah atau samping (Shift ditekan ketika dragging).

3. Klik pada roda, salin roda berbentuk bulat itu dengan menekan Ctrl+C. Buat layer baru, tempelkan roda hasil copy kedalam layer baru tersebut.



4. Pada kedua layer roda, konversi simbol masing-masing nya menjadi Movie Clip dengan menekan keyboard F8, konversi satu per satu. Titik registrasi harus tetap ditengah. Lalu klik OK.

 

BACA JUGA:  Belajar Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Adobe Flash

5. Klik dua kali pada salah satu roda sehingga masuk kedalam symbol, gambarlah garis semacam gear sebagai penahan lingkaran roda agar nantinya dapat dengan jelas terlihat berputar / menggelinding. Lakukan hal yang sama pada roda yang satunya lagi.



6. Pada layer Wheel 1 di keyframe 50, klik kanan lalu pilih Insert Keyframe. Lakukan hal yang sama pada layer Wheel 2.

7. Buatlah Classic Tween pada layer Wheel 1 dan 2.



8. Lihat di opsi Tweening pada Properties. Tentukan Rotate nya menjadi CW (Counterclockwise) agar berputar searah dengan jarum jam.



9. Isi kolom yang berada di pinggir Rotate CW dengan angka 4. Itu menandakan berapa kali putaran yang akan dilakukan oleh objek.10. Pindahkan posisi objek (frame 50) ke ujung sebelah kanan dari keseluruhan layar yang disediakan dan telah ditentukan ukurannya. Untuk posisi objek (frame 1), pindahkan objek menuju ujung sebelah kiri.

11. Buatlah layer baru bernama Body untuk menggambar batang sepeda nya. Jika sudah, Tekan F8 untuk melakukan konversi menjadi symbol Movie Clip. Klik OK.

12. Masukan keyframe untuk frame 50 pada  layer Body. Buatlah classic tween untuk layer Body tersebut. Posisikan keyframe awal dan akhir dari Body sepeda sehingga dapat menempel dengan roda.

13. Buatlah layer baru bernama Background, taruh layer tepat di posisi paling bawah. Gambarlah latar belakang untuk animasi nya dengan Brush Tool, dan warnai dengan Paint Bucket Tool. Cek animasi yang sudah berhasil dibuat dengan menekan Ctrl+Enter.



Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Adobe Flash – Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya mengenai tutorial-tutorial komputer dan multimedia lainnya. Demikianlah penjelasan tentang bagaimana Cara Membuat Animasi Roda Berputar pada Flash



Gambar yang tampil diatas hanyalah sebuah gambaran saja, lebih baik jika kalian membuatnya lebih realistis agar animasi terlihat bagus.

Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

  Suka artikel ini?
Beritahu teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *