Animasi Masking Adobe Flash? Cara Membuatnya Seperti Ini!

Bukan hanya di Adobe Photoshop saja, Cara Membuat Animasi Masking di Adobe Flash pun tersedia, Adobe Flash memiliki layer mask yang bisa kalian pakai untuk melakukan efek masking pada animasi Flash. Tidak hanya itu, cara membuatnya pun tidaklah sulit, apalagi jika objek merupakan bentuk yang dibuat dengan Shape Tool.

 

 

Cara Membuat Animasi Masking di Adobe Flash

Adobe Flash Professional sudah semakin canggih dan luas dalam segi fitur untuk memproduksi media interaktif atau animasi, sehingga efek masking pun dapat digerakkan atau ditambahkan animasi. Menghasilkan objek bergerak yang menarik.

BACA JUGA:  Cara Menggerakan Objek di Flash dengan Classic Tween

Biasanya, animasi masking ini digunakan untuk membuat animasi loading atau menampilkan gambar gerak seolah-olah sedang memuat sesuatu. Seringkali juga dipakai untuk menambahkan efek kilauan berwarna putih memanjang, dengan animasi masking seolah ada cahaya memantul pada objek tertentu. Bagaimana cara membuat animasi masking?

 

Langkah awal: Mempersiapkan objek bentuk

1. Buka software Adobe Flash Professional (versi apa saja), Buatlah dokumen Flash baru. Aktifkan Rectange Tool untuk membuat persegi panjang sebagai objek masking.

 

2. Beri warna persegi tersebut, lalu lakukan Convert to Symbol. Atur type menjadi Movie Clip lalu tekan OK.

BACA JUGA:  Animasi Mata Berkedip dengan Flash? Begini Cara Membuatnya!

 

Langkah kedua: Tambahkan teks atau layer lain

3. Buat layer baru, aktifkan Text Tool untuk menuliskan teks. Tulis apa saja. Misal: Loading. Convert to Symbol menjadi Movie Clip. Buatlah frame pada frame 50 untuk layer persegi dan teks.

4. Atur ukuran teks. Buatlah keyframe pada frame 50.

 

Langkah ketiga: Membuat Classic Tween

5. Atur posisi teks agar berada di posisi sebelum persegi pada frame 1. Dan pada frame 50, atur teks agar berada di posisi setelah persegi. Jangan sampai menimpa persegi hijau tersebut. Buatlah Classic Tween diantara frame 1 – 50.

BACA JUGA:  Cara Sederhana Menambahkan Sound pada Button Flash

 

Langkah keempat: Mulai menambahkan Masking pada layer

6. Tekan mouse klik kanan pada layer teks (Layer 2), lalu pilih Mask.

 

7. Dan inilah hasilnya. Kalian juga dapat menukar bagian yang terkena efek masking. Dengan menggerakkan Layer 1 (persegi) bukan Layer 2 (Teks).

 

 

Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Adobe Flash. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya tentang tutorial-tutorial software dan web lainnya. Demikianlah tips dan trik tentang bagaimana Cara Membuat Animasi Masking di Adobe Flash

1 Suka untuk artikel ini
Beritahu teman-teman!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *